RANGKA MANUSIA

Mengenal Rangka Tubuh Manusia

Tulang tulang yang tersusun secara teratur membentuk rangka. Agar tulang yang satu bersambungan dengan tulang yang lain dan dapat digerakkan diperlukan suatu penghubung. Penghubung antar tulang disebut sendi. Bagian tubuh yang dapat menggerakkan rangka adalah otot.

1. Bagian-Bagian Rangka
Bayi yang baru lahir mempunyai lebih 300 bagian tulang,tetapi kebanyakan adalah tulang rawan. Seiring pertumbuhannya menjadi dewasa, jumlah tulang menjadi berkurang dan tulang menjadi keras. Hal ini antara lain disebabkan terjadinya penyatuan tulang, misalnya penyatuan tulang ubun-ubun bayi. Jumlah tulang pada manusia dewasa menjadi tinggal 206 tulang keras.

Tulang manusia terbentuk dari sel hidup yang dikelilingi oleh mineral (kebanyakan kalsium dan fosfat) dan zat lentur yang disebut kolagen. Sel adalah bagian terkecil yang menyusun makhluk hidup. Rangka manusia dikelompokkan dalam tiga kelompok,yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka badan dan Rangka anggota gerak.

a. Rangka Kepala (Tengkorak)
Nama-nama tulang yang membentuk rangka kepala antara lain tulang dahi, tulang dahi, tulang hidung, rahang atas, rahang bawah dan tulang pipi. Rangka kepala bagian depan membentuk dasar wajah manusia. Tulang tulang yang membentuk wajah adalah tulang dahi, tulang dahi, tulang hidung, tulang pipi, tulang rahang atas dan tulang rahang bawah. Selain itu bentuk wajah amanusi dipengaruhi oleh otot wajah. Otot biasa disebut juga dengan daging. Oleh karena itu, wajah manusia ada yang terlihat lonjong, bulat atau persegi. Rangka kepala bagian belakang membentuk batok kepala. Batok atau tempurung kepala berbentuk mirip dengan batok kepala.

b. Rangka badan
Rangka badan tersusun mulai dari tulang leher sampai tulang ekor. Tulang leher dibentuk oleh 7 ruas tulang. Tulang leher bersambung dengan tulang hingga tulang ekor. Tulang punggung hingga tulang ekor dibentuk oleh 6 ruas tulang. Jadi, jumlah ruas tulang leher sampai tulang ekor adalah 33 ruas tulang. 33 tulang ini disebut juga tulang belakang.

Pada bagian depan, tulang tulang rusuk melekat ke tulang dada. Tulang rusuk dan tulang dada membentuk rongga dada. Diatas rongga dada terdapat rangka bahu (pundak). Bahu dibentuk oleh tulang selangka dan tulang belikat. Dibadan bagian bawah terdapat rangka panggul (gelang panggul). Gelang panggul (pinggul) dibentuk oleh tulang pinggul dan tulang kemaluan.

c. Rangka Anggota Gerak
Rangka anggota gerak terdiri dari anggota gerak atas dan anggota gerak bawah. Anggota gerak atas disebut juga lengan (tangan) anggota gerak bawah disebut juga kaki. Rangka lengan dibentuk oleh tulang lengan atas, hasta, pengumpil, pergelangan tangan, telapak tangan, dan jari tangan. Rangka kaki dibentuk oleh tulang paha, tempurung lutut, betis, tulang kering, pergelangan kaki, telapak kaki dan jari kaki manusia. yang terbesar adalah tulang paha.

d. Sendi
Rangka tubuh dapat kita gerakkan karena adanya kerjasama antara tulang, sendi dan otot. Sendi adalah tempat pertemuan antara dua tulang sehingga tulang dapat digerakkan. Berbagai jenis sendi diuraikan berikut ini :

1. Sendi Engsel
Sendi engsel berfungsi seperti engsel pintu yang hanya dapat digerakkan ke satu arah. Sendi engsel di kaki terdapat di bagian lutut. Sendi engsel ini menghubungkan tulang paha (kaki atas) dan tulang kaki bawah. Sendi engsel di lengan terdapat di bagian siku. Sendi engsel ini menghubungkan tulang lengan atas dan tulang lengan bawah. Sendi engsel juga terdapat diantara ruas kaki.
2. Sendi Pelana
Sendi pelana dapat digerakan ke dua arah (kesamping dan kedepan). Sendi pelana terdapat diantara tulang pangkal ibu jari tangan (tulang pertama telapak tangan) dan tulang pertama pergelangan tangan.

3. Sendi Peluru
Pada sendi peluru terjadi pertemuan antara ujung tulang berbentuk bola dan tulang berbentuk mangkuk. Sendi peluru memungkinkan gerakan kesemua arah. Sendi peluru terdapat diantara tulang lengan atas gelang bahu (lempeng bahu). Sendi peluru juga menghubungkan tulang pahak dan tulang panggul.

4. Sendi Putar
Pada sendi ini, tulang yang satu berputar mengelilingi tulang lain yang bertindak sebagai poros. Sendi putar terdapat pada pertemuan antara tulang leher pertama (disebut tulang atlas) dan tulang leher kedua. Sendi putar juga ada pada pertemuan ujung tulang hasta dan tulang pengumpil di dekat pergelangan tangan.

5. Sendi Geser (Rata)
Sendi ini hanya memungkinkan sedikit gerakan. Sendi geser terdapat diantara delapan tulang pergelangan tangan. Ada kurang lebih 20 sendi geser di tulang pergelangan tangan.

2. Fungsi Rangka
Tubuh manusia di rancang oleh sang pencipta dengan sempurna. Satu bagian tubuh berhubungan dengan bagian tubuh lainnya. Tidak ada satu bagian tubuh pun dapat berdiri sendiri. Bagian tubuh yang satu mendukung kerja bagian tubuh yang lain. Puji syukur selalu kita panjatkan atas anugerah-Nya ini.

Pada bagian ini, anda akan mengetahui bahwa fungsi rangka manusia berkaitan erat dengan bagian tubuh yang lain. Rangka bagian tubuh yang lain dapat berfungsi dengan baik.

Beberapa fungsi di uaraikan sebagai berikut :
a. Rangka menentukan bentuk tubuh
Bentuk rangka kaki manusia begitu kokoh sehingga kita dapat berdiri tegak, dan berlari. Berbeda bukan, dengan kera yang tidak dapat berjalan tegak. Dengan bentuk telapak kaki yang cukup panjang kita dapat berdiri tegak.

b. Rangka menentukan bentuk tubuh
Tubuh tanpa rangka hanya menjadi tumpukan daging tanpa bentuk. Dengan adanya rangka, tubuh kita mempunyai bentuk. Bahkan dengan bentuk tubuh itu, kita dapat membedakan setiap orang. Misalnya, ada orang yang tinggi dan ada orang yang pendek. Demikian pula, ada orang yang memiliki jari-jari panjang dan ada yang memiliki jari-jari pendek.

c. Rangka merupakan tempat melekatnya otot
Tanpa rangka, otot-otot kita tidak mempunyai tempat melekat. Jika otot tidak mempunyai tempat melekat, maka anggota badan tidak dapat di gerakkan. Rangka memang bekerja sama dengan otot untuk melakukan suatu gerakan. Misalnya, gerakan lengan dipengaruhi otot yang ada ditulang lengan atas, yaitu otot bisep dan trisep.

d. Rangka melindungi bagian tubuh.
Anda telah mengetahui bahwa tulang adalah bagian tubuh yang paling keras. Bentuknya yang keras ternyata berfungsi untuk melindungi bagian tubuh yang cukup rapuh. Rapuh disini berarti mudah terluka dan rusak jika terkena benda keras.

Beberapa fungsi itu diuraikan sebagai berikut :
  1. Rangka kepala (tengkorak) melindungi otak, mata, telinga, hidung dan seluruh pernapasan bagian atas.
  2. Ruas tulang leher melindungi tenggorokan dan kerongkongan.
  3. Rangka rongga dada melindungi alat pernapasan (paru-paru), alat pemompa darah (jantung), dan sebagian alat pencernaan makanan.
  4. Tulang pinggul melindungi alat pencernaan dan alat reproduksi (kelamin) bagian dalam.
  5. Tulang menegakkan badan dan melindungi sumsum tulang belakang. Saraf-saraf pada sumsum tulang belakang menghubungkan semua bagian tubuh dengan otak.
  6. Kerusakan pada sumsum tulang belakang dapat mengakibatkan tubuh menjadi lumpuh.

3. Memelihara kesehatan Rangka
Orang menjadi bungkuk karena tulang belakangnya terlalu melengkung kebelakang. Kelainan ini dapat terjadi akibat cacat sejak lahir, terserang suatu penyakit, ataupun akibat kebiasaan sikap tubuh yang salah. Dapat memelihara kesehatan rangka dengan benar, Anda perlu mempelajari beberapa jenis penyakit tulang dan melakukan sikap tubuh yang benar. Selain itu, Anda perlu makan makanan yang bergizi dan berolah raga secara teratur.

a. Penyakit yang menyerang tulang
1. Osteoporosis (tulang kropos)
Penyakit ini menyebabkan tulang mudah retak atau patah. Biasanya menyerang orang lanjut usia, terutama perempuan. Penyakit ini disebabkan tubuh kekurangan zat kapur (kalsium). Untuk mecegah osteoporosis, orang perlu makan makanan yang banyak mengandung vitamin D dan kalsium. Oleh karena itu , dianjurkan untuk meminum susu dan memakan ikan.

2. TBC Tulang
Kuman tuberkolosis (TBC) dapat pula menyerang tulang. Tulang dapat menjadi lemah hingga bernanah. Hal ini menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Penderita harus dirawat dirumah sakit secara intensif. Pengobatan harus disertai dengan pemberian makan bergizi. Agar terhindar dair penyakit ini, kita harus tinggal di tempat yang bersih, tidak lembab, dan cukup mendapatkan sinar matahari. Ventilasi udara harus sebaik mungkin.

3. Rematik
Penyakit ini menyebabkan rasa nyeri pada persendian, terutama di pergelangan tangan, kaki dan siku. Rasa nyeri diserta juga dengan pembengkakan sendi. Pada keadaan yang parah juga dapat menyerang jantung. Penderita rematik harus segera mendapat perawatan dokter. Jika tidak diobati, penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi yang berbahaya. Komplikasi adalah penyakit yang baru timbul kemudian sebagai tambahan pada penyakit yang sudah ada.

b. Bersikap tubuh yang benar
Sikap tubuh yang salah berdampak beruk terhadap bentuk rangka anda. Bagian rangka yang paling sering terkena gangguan ini adalah tulang belakang (tulang punggung).

Beberapa gangguan pada tulang belakang diuraikan sebagai berikut :
  1. Lordosis, yaitu tulang punggung terlalu bengkok ke depan. Hal ini biasanya disebabkan sikap duduk yang terlalu membusungkan dada kedepan.
  2. Kifosis, yaitu tulang punggung terlalu bengkok ke belakang. Hal ini biasanya disebabkan sikap duduk dan berdiri yang sering membungkuk.
  3. Skoliosis, yaitu tulang punggung terlalu bengkok ke kiri atau ke kanan. Hal ini biasanya disebabkan sikap duduk yang sering pada posisi miring. Selain itu, sering mengangkat beban yang terlalu berat pada salah satu lengan atau bahu.
Agar terbebeas dari berbagai gangguan, hal-hal berikut perlu anda lakukakn dengan benar :
  1. Usahakan agar punggung dalam posisi tegak ketika mengangkat badan dari lantai. Jadi, tekuklah lutut, bukan menekuk punggung.
  2. usahakan agar tangan kanan dan kiri membawa beban yang beratnya seimbang. Beban yang terlalu berat di salah satu lengan dapat membuat tulang punggung menderita scoliosis.
  3. Usahakan duduk dan berdiri selalu dalam posisi tegak. Lagipula jika tubuh anda tegak, anda akan terlihat lebih tinggi.
c. Memakan makanan bergizi dan berolahraga secara teratur
kesehatran tulang berkaitan erat dengan mutu makanan. Makanan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang adalah makanan yang mengandung vitamin D. kalsium, dan fosfor. Vitamin D banyak terdapat di ikan, susu dan kuning telur. Kalsium banyak terdapat pada susu, kacang-kacangan, ikan dan buah-buahan. Fosfor banyak terdapat pada ikan, jagung, dan kacang-kacangan.

Olahraga yang teratur juga dapat memperkuat struktur tulang. Alangkah baik jika anda berolahraga di bawah sinar matahari pagi, yaitu sekitar pukul 7 pagi. Sinar matahari membantu mengubah provitamin D menjadi vitamin D.




0 komentar:

Poskan Komentar